Rabu, 09 Januari 2013

Dampak Gadget Terhadap Perkembangan Anak

Dewasa ini, orang-orang mulai dari yang tua dan yang muda, yang kaya dan yang miskin, yang butuh dan tidak butuh walau tetap membeli tentu mengenal apa itu gadget. Barang yang satu ini sepertinya emang wajib banget dimiliki oleh setiap orang, selain karena dapet membantu menyelesaikan suatu pekerjaan, gadget juga biasa digunakan untuk media komunikasi. Kali ini saya mau sedikit membahas Dampak Gadget Terhadap Perkembangan Anak. Memang dampak positif gadget terhadap pertumbuhan anak cukup banyak, tetapi ada juga dampak negatif dari gadget tersebut yang dapat menghambat perkembangan otak anak.

 Gadget itu memiliki dampak negatif. Oleh karena itu, disini saya akan menjelaskan sedikit tentang dampak gadget terhadap pertumbuhan anak.
1. Anak akan Serba Ketergantungan

Gadget memang memudahkan seorang anak untuk membantu melakukan tugasnya seperti membaca dan menulis. Namun jika terlalu berlebihan dan terlalu mengandalkan gadget untuk melakukan sesuatu, pasti lah seorang anak merasa ketergantungan. Apabila tidak menggunakan gadget yang dia biasa gunakan untuk membantunya, dia akan merasa sulit untuk melakukan pekerjaannya padahal sebenarnya dia juga belum terlalu membutuhkan apa itu yang namanya gadget.
2. Membuat Anak Sulit Berkonsentrasi

Yang kedua adalah Membuat anak sulit berkonsentrasi. Gadget jika terlalu diandalkan dalam melakukan sesuatu bahkan terlalu sering digunakan, akan membuat anak untuk sulit berkonsentrasi. Misalnya akan ada ujian atau ulangan yang dihadapi si anak, pasti anak tersebut akan sulit berkonsentrasi karena biasanya dia selama ini selalu berkutat dengan gadget yang dia miliki.
3. Membuat Anak yang Seharusnya belum Dewasa menjadi Dewasa

Dampak yang ketiga dari gadget adalah membuat anak yang seharusnya belum dewasa menjadi dewasa. Maksudnya adalah gadget mampu merubah sifat anak dari yang sebelum masih kekanak-kanakan menjadi dewas dikarenakan fungsi gadget sendiri yaitu sebagai media komunikasi dan informasi. Anak yang seharusnya belum mengetahui tentang dunia kedewasaan dapat mengetahuinya dengan mudah melalui media gadget. Bahkan dapat menjerumuskan anak yang masih dibawah umur untuk melihat konten porno aksi.
4. Anak Sulit Bersosialisasi dengan Lingkungan Sekitar
Dampak buruk dari gadget yang terakhir adalah membuat anak sulit bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Dimana gadget sekarang ini sering digunakan oleh remaja bahkan anak-anak dibawah umur untuk berkomunikasi lewat jejaringan sosial facebook, twitter, dan sebagainya. Jika si anak terlalu berlebihan dalam mengaksesnya maka akan menyebabkan si anak sulit bersosialisasi karena dia pikir bahwa mencari teman juga bisa melalu situs jejaringan sosial di internet. Sehingga si anak akan melupakan teman-teman yang ada dilingkungan dekatnya.
Nah, itulah tadi Dampak Gadget Terhadap Pertumbuhan Anak. Semoga para orang tua dapat mengontrol anaknya jangan sampai terkena dampak negatif dari gadget. Meski memiliki cukup banyak dampak postifi, dampak negatif dari gadget juga tak kalah berbahaya, apalagi jika gadget tersebut digunakan secara berlebihan. Menurut hukum agama Islam juga mengatakan bahwa sesuatu yang digunakan atau dilakukan secara berkebihan pasti dampak atau hasilnya tidak akan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar